Saturday 19 October 2013

Tugas manajemen 2

Definisi Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa. Perencanaan yang baik dapat dicapai dengan mempertimbangkan kondisi di waktu yang akan datang dalam mana perencanaan dan kegiatan yang diputuskan akan dilaksanakan, serta periode sekarang pada saat rencana dibuat.

Langkah-langkah dalam menyusun perencanaan
-         Menetapkan tugas dan tujuan antara tugas dan tujuan tidak dapt dipisahkan, suatu rencana tidak dapat diformulir tanpa ditetap kan terlebih dahulu apa yang menjadi tugas dan tujuannya.
-         Observasi dan analisa menentukan factor-faktor apa yang dapat mempermudah dalam pencapaian tujuan (Observasi) bila sudah diketahui dan terkumpul, maka dilakukan analisa terhadapnya untuk ditentukan mana yang digunakan.
-         Mengadakan kemungkinan-kemungkinan factor yang tersedia memberikan perencanaan membuat beberapa kemungkinan dalam pencapaian tujuan.
-         Membuat sintesa-sintesa yaitu alternative yang akan dipilih dari kemungkinan-kemungkinan yang ada dengan cara mengawinkan sintesa dari kemungkinan-kemungkinan tersebut.


Sumber: - Sukanto Reksohadiprodjo & T.Hani Handoko, Organisasi Perusahaan: Teori dan perilaku, BPFE – Yogyakarta, 1983
-    Peter F. Drucker, Pengantar Manajemen (terjemahan), PT. Binaman Pressindo – LPPM, Jakarta, 1982.
-    Fathoni Abdurahmat, Organisasi dan manajemen daya manusia. Rineka Cipta,  Bandung, 2006.

-    Kartini Hartono, Psikologi sosial untuk manajemen, perusahaan dan industri. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1994.

No comments:

Post a Comment