Friday 8 November 2013

Tugas Manajemen 5

Manfaat struktur fungsional dan struktur divisional
Struktur Fungsional adalah struktur organisasi yang terdiri dari orang-orang dengan keterampilan yang sama dan melakukan tugas-tugas serupa yang kemuadian dikelompokkan bersama menjadi beberapa unit kerja. Anggota-anggotanya bekerja di bidang fungsional sesuai dengan keahlian mereka. Jenis struktur organisasi seperti ini tidak terbatas pada bisnis saja. Jenis struktur seperti ini juga dapat bekerja dengan baik untuk organisasi kecil yang memproduksi beberapa produk atau jasa.

Struktur divisonal adalah struktur organisasi yang dikelompokkan berdasarkan pada produk yang sama, proses yang sama, kelompok orang yang melayani pelanggan yang sama, dan atau berlokasi di daerah yang sama di suatu wilayah geografis.
Secara umum dalam struktur organisasi seperti ini biasanya bersifat kompleks dan menghindari masalah yang terkait dengan struktur fungsional.

Kerugian struktur fungsional dan struktur divisional
-          Kerugian struktur fungsional : Mengejar tujuan fungsional dapat menyebabkan para manajer kehilangan pandangan tentang apa yang terbaik bagi keseluruhan organisasi; spesialis fungsional menjadi terkucil dan sedikit memahami tentang apa yang dilakukan unit lainnya.
-          Kerugian struktur divisional : Kegiatan dan sumber yang rangkap meningkatkan biaya dan mengurangi efisiensi.



Sumber : Robbins, S.P & Coultet Mary, (2009), Management 8 Edition, San Diego State University & Southwest Missouri State University.
               Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan manajemen sumber daya manusia. Bandung: Rineka Cipta.

               T. Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1985

No comments:

Post a Comment