Saturday 19 October 2013

Tugas Manajemen 3

Manfaat Perencanaan
1.     Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan.
2.     Membantu dalam kritalisasi persesuaian pada masalah-masalah utama.
3.     Memungkinkan manajer memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas.
4.     Membantu penempatan tanggung jawab lebih tepat.
5.     Memberikan cara pemberian perintah untuk beroperasi.
6.     Memudahkan dalam melakukan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi.
7.     Membuat tujuan lenih khusus, terperinci dan lebih mudah dipahami.
8.     Meminimunkan perkerjaan yang tidak pasti dan menghemat waktu, usaha, dan dana.

Jenis Perencanaan dalam organisasi
Rencana ada banyak jenisnya dan tergantung pada konteks perencanaannya. Artinya jenis-jenis rencana itu disesuaikan dengan tempat atau organisasi yang akan menyusun rencana. Jika dilihat dari bidang-bidang kegiatan manajemen, maka rencana terdiri dari :
1.         Rencana pemasaran
2.         Rencana produksi
3.         Rencana sumberdaya manusia
4.          Rencana pembelian
5.         Rencana akuntansi
6.         Rencana administrasi
7.         Rencana penelitian dan pengembangan
8.         Rencana keuangan

9.         Rencana kegaitan lainnya

Sumber: - Heidjrachman Ranupandojo & Suad Husnan, Manajemen Personalia, edisi revisi, BPFE - Yogyakarta, 1982.
-    Peter F. Drucker, Pengantar Manajemen (terjemahan), PT. Binaman Pressindo – LPPM, Jakarta, 1982.
-    Fathoni Abdurahmat, Organisasi dan manajemen daya manusia. Rineka Cipta,  Bandung, 2006.
                   - Kartini Hartono, Psikologi sosial untuk manajemen, perusahaan dan industri. PT Raja    Grafindo Persada, Jakarta, 1994

Tugas manajemen 2

Definisi Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa. Perencanaan yang baik dapat dicapai dengan mempertimbangkan kondisi di waktu yang akan datang dalam mana perencanaan dan kegiatan yang diputuskan akan dilaksanakan, serta periode sekarang pada saat rencana dibuat.

Langkah-langkah dalam menyusun perencanaan
-         Menetapkan tugas dan tujuan antara tugas dan tujuan tidak dapt dipisahkan, suatu rencana tidak dapat diformulir tanpa ditetap kan terlebih dahulu apa yang menjadi tugas dan tujuannya.
-         Observasi dan analisa menentukan factor-faktor apa yang dapat mempermudah dalam pencapaian tujuan (Observasi) bila sudah diketahui dan terkumpul, maka dilakukan analisa terhadapnya untuk ditentukan mana yang digunakan.
-         Mengadakan kemungkinan-kemungkinan factor yang tersedia memberikan perencanaan membuat beberapa kemungkinan dalam pencapaian tujuan.
-         Membuat sintesa-sintesa yaitu alternative yang akan dipilih dari kemungkinan-kemungkinan yang ada dengan cara mengawinkan sintesa dari kemungkinan-kemungkinan tersebut.


Sumber: - Sukanto Reksohadiprodjo & T.Hani Handoko, Organisasi Perusahaan: Teori dan perilaku, BPFE – Yogyakarta, 1983
-    Peter F. Drucker, Pengantar Manajemen (terjemahan), PT. Binaman Pressindo – LPPM, Jakarta, 1982.
-    Fathoni Abdurahmat, Organisasi dan manajemen daya manusia. Rineka Cipta,  Bandung, 2006.

-    Kartini Hartono, Psikologi sosial untuk manajemen, perusahaan dan industri. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1994.

Tuesday 15 October 2013

Tugas manajemen 1

APA ITU MANAJEMEN ?
Ada beberapa pengertian mengenai Manajemen yaitu:
-          Menurut Marry Parker Follet manajemen didefinisikan sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian manajemen begitu luas, sehingga dalam kenyataannya tidak ada definisi yang digunakan secara konsisten oleh semua orang.
-          Menurut Durbin (1990:5) Manajemen adalah serangkaian kegiatan yang ditata, dirancanag, dikelola untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
-          Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan agar suatu usaha dapat berjalan dengan baik memerlukan perencanaan, pemikiran, pengarahan dan pengaturan serta mempergunakan atau mengikut sertakan semua potensi yang ada baik personal maupun material secara efektif dan efisien.


APA ITU KEPEMIMPINAN ?
Menurut Stoner kepemimpinan adalah sebagai suatu proses pengarahan dan pemberian pengarah pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan tugasnya.
Kepemimpinan merupakan bagian penting manajemen. Jadi kepemimpinan adalah kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran.

Sumber : - Arum, A.S, Wahyu, 2007. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Multi Karya Mulia
-    Arum, A.S, Wahyu, 2012. Manajemen Peserta Didik. Jakarta
-    Peter F. Drucker, Pengantar Manajemen (terjemahan), PT. Binaman Pressindo – LPPM, Jakarta, 1982.
-    T. Hani Handoko, Manajemen Pesonalia dan Sumberdaya Manusia, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1985.